Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menambah Pengasilan dari Jualan Foto di Microstock

Bisnis, Penghasilan Sampingan, Jual Foto, Microstock, Shutterstock
Gambar : pixabay.com
Immaku.com - Pada kesempatan kali ini Admin akan memberikan informasi mengenai bisnis online untuk menambah penghasilan dari jualan foto di Microstock.

Mungkin dari kalian ada yang sudah tahu apa itu Microstock. Bagi kalian yang sudah tahu atau sudah pro menjadi master microstocker cukup buat sedikit mengulas informasi saja. Nah bagi kalian yang belum tahu apa itu microstock mari simak ulasan berikut. 

Apa itu Microstock ? 

Microstock sebenarnya sudah lama dikenal oleh beberapa orang, tapi sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya, apasih microstock ? jualan foto di internet kok bisa dapat dolar? Siapa yang beli? Ya memang benar adanya. Tidak hanya Foto saja yang dijual di microstock tetapi juga Vector / Video yang diperjual belikan di microstock. 

Untuk lebih tepatnya Microstock itu adalah bisnis yang menjual foto/vector/video dari hasil karya kita atau orang lain kepada para pembeli dengan sistem bebas royalti. Sedangkan orang yang menjual hasil karyanya dan mendapat keuntungan di microstock disebut microstocker atau contributor

Di microstock pembeli hanya cukup membayar sekali saja dan bebas mempergunakan hasil karya kita mulai dari foto/vector/video yang kita buat, tentunya dengan mematuhi kebijakan yang diberikan. Tidak hanya sekali saja hasil karya kita di jual tetapi bisa berkali-kali dan bisa menjadi penghasilan pasif income untuk Anda. Sebagai contoh Anda mengupload satu foto di salah satu situs microstock agency kemudian foto yang Anda upload tadi tidak hanya sekali saja dibeli tetapi bisa dibeli berkali-kali dan tidak ada batasannya.

Apa itu Microstock Agency ?

Secara sederhana microstock adalah istilah dari bisnisnya sedangkan microstock agency adalah platformnya atau situs perusahaan yang menyediakan atau memperjual belikan foto/vector mapun video dengan sistem bebas royalti. Nah, berikut beberapa microstock agency terbaik yang populer sekarang ini.

1. Shutterstock
2. Adobe Stock
3. Istock by Getty Images
4. Dreamstime
5. 123RF
6. Eyeem
7. Alamy
8. Canstockhoto
9. Depositphotos
10. Bigstock

Itu merupakan beberapa microstock agency yang populer sekarang ini. Dari microstock agency di atas masih ada beberapa microstok agency yang lain yang tidak Admin sebutkan. 
Anda bisa memilih salah satu microstock agency di atas untuk dijadikan platform, untuk menjual karya yang Anda buat seperti foto/vector/video.

Bagaimana cara untuk mendapat penghasilan dari Microstock ?

Cara kerja di microstock itu, secara sederhana Anda hanya ditugaskan untuk membuat hasil karya original Anda sendiri seperti foto/vector maupun video kemudian mengunggah hasil karya Anda tersebut ke salah satu situs microstock agency. 

Sebagai contoh Anda memilih situs Shutterstock  kemudian Anda mengunggah hasil karya Anda di Shutterstock. Sebagai contoh karya anda foto "pemandangan alam", lalu ada perusahaan atau orang yang sedang mencari sebuah foto untuk kebutuhan perusahaan atau pribadinya di situs Shutterstock kemudian perusahaan atau orang tersebut menyukai dan membeli hasil karya Anda yang berupa foto "pemandangan alam" tersebut. Kemudian setelah foto Anda laku terjual maka, Anda mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan foto tersebut. Dan tidak hanya itu saja karena foto yang Anda unggah dan laku terjual tadi, masih bisa berkali-kali terjual dan tidak ada batasan. Tentunya akan menjadikan penghasilan pasif income Anda.

Siapakah yang membeli hasil karya kita di Microstock ?

Karena ini situs bisnis yang memperjual belikan karya seseorang dari mulai foto/vector maupun video dengan sistem bebas royalti, biasanya pembeli dari kalangan para desainer atau orang yang mencari untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan perusahaannya. Jadi pembelinya dari seluruh dunia asalakan mereka bisa mengakses internet. Tetapi kebanyakan pembeli dari negara-negara maju dimana mereka sangat menghargai hasil karya atau hak cipta. 

Berapa keuntungan yang di dapat dari penjualan di Microscock ?

Sebagai contributor atau penjual tentunya Anda ingin hasil karya Anda dijual dengan harga tinggi pastinya. Tetapi untuk harga jual yang ditetapkan oleh microstock agency ini berbeda beda tetapi rata rata berkisar untuk satu image sekitar $0,25 yang Anda dapatkan. Kurang lebih IDR. 3.000 jika dirupiahkan.

Itu untuk satu image yang terjual, Nah tentunya untuk menghasilkan pendapatan yang besar Anda harus bekerja kerjas untuk membuat karya sebanyak dan sebaik mungkin agar dapat menarik banyak pembeli. Karena dengan kerja keras dan fokus Anda nantinya akan mendapat penghasilan yang memuaskan dan juga dapat menjadi penghasilan pasif income Anda. Karena hasil karya Anda dapat dijual berkali-kali tanpa ada batasan.

Sebagai contoh sederhana, Anda mempunyai 100 stock foto atau image yang sudah Anda unggah di situs microstock agency. Dan dalam sehari penjualan Anda di Shutterstock mencapai 50 image yang terjual maka anda akan mendapatkan $0,25 x 50 sekitar $12,5 dalam sehari. Untuk pendapatan perbulan tinggal dikalikan $12,5 x 30 hari = $375. Nominal yang lumayan besar kan jika di rupiahkan? 

Untuk mendapatkan penghasilan seperti di atas tentunya membutuhkan kerja keras dan fokus Anda untuk berkarya dengan memberikan kualitas terbaik. Ketika Anda memberikan hasil karya yang berkualitas tentunya akan menarik minat banyak orang untuk membeli hasil karya Anda di microstock. Dan penghasilan anda akan mengikuti dengan sendirinya nanti.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk bergabung menjadi Microstock Contributor ?

Jika Anda tertarik untuk menjadi contributor atau micostocker Anda bisa bisa bergabung melalui link referal Admin di microstock agency yaitu Shutterstock, ini akan memudahkan anda untuk proses pendaftaran. Silakan klik DAFTAR

Ikuti saja proses pendaftarannya karena cukup mudah, sekarang untuk menjadi shutterstock contributor tidak memerlukan pasport lagi untuk syarat pendaftaran, tentunya besar peluang Anda untuk diterima menjadi  shutterstock contributor. Sekian informasi yang Admin sampaikan semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda untuk mengenal Microstock, untuk menambah penghasilan Anda.

2 komentar untuk "Menambah Pengasilan dari Jualan Foto di Microstock"

  1. ternyata foto sudah bisa dihargai melalui microstoc ya, thanks infonya ya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas apresiasinya, jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami

    BalasHapus