Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Mudah Menjadi Freelancer Untuk Memulai Bisnis

Freelancer, Panduan mudah freelancer, Tips menjadi freelancer, Bisnis
Gambar : pixabay.com
Immaku.com - Pada kesempatan kali ini Admin akan sedikit mengulas mengenai Freelancer dan bagaimana tips menjadi Freelancer bagi pemula untuk memulai bisnis.

Karena ada yang bertanya "bagaimana si untuk menjadi freelancer?" Jujur, Admin bingung dengan pertanyaan seperti itu? Karena untuk memulainya ya kamu cukup memulainya saja, begitu kan? Hmm..tapi disini Admin yakin bukan jawaban seperti itu yang kalian mau. Admin yakin kalian butuh jawaban kaya semacam panduan step by stepnya gitu kan. Nah makanya Admin sekarang akan memberikan sedikit informasi step by step atau panduan atau langkah untuk menjadi freelencer.

Nah, yang pertama bagi kalian yang belum tahu apa itu freelancer? Mari mengenal sedikit lebih dalam mengenai freelancer terlebih dahulu. Freelancer adalah pekerjaan seseorang yang dilakukan secara mandiri dan tidak terkait kontrak dengan perusahan manapun, jadi bebas menentukan pekerjaannya sesuai dengan bidang yang di kuasai. Untuk menjadi seorang freelancer tentunya kalian harus mempunyai skill atau keahlian dalam suatu bidang agar menjadi seorang freelancer. Untuk lebih lengkapnya mari simak ulasan berikut.

Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Menjadi Seorang Freelancer ?

1. Tidak ada minimal atau batasan usia

Yang pertama untuk menjadi seorang freelancer itu tidak ada minimal batasan usianya, jadi mau kalian berumur 15 tahun, 16 tahun 17 tahun itu kalian bisa menjadi freelancer. Bahkan ada yang berumur 15 tahun sudah bisa menghasilkan uang dari pekerjaan freelancer. Jadi berapapun umur kalian sekarang bisa memulai karir menjadi seorang freelancer.

2. Tidak harus mempunyai pendidikan tinggi

Nah, yang kedua kalian tidak harus meiliki pendidikan yang tinggi, bahkan jika tidak sekolah pun bisa menjadi seorang freelancer asalkan punya skill atau keahlian dalam bidang yang dikuasai. Jadi ketika kalian menjadi freelancer itu pendidikan kalian tidak akan ditanya, kalian mau lulusan SD, SMP, SMA, S1 atau lainnya, di freelancer semua itu ngga akan ditanya.

Dan buat kalian yang sekarang masih kuliah di bidang yang mungkin berbeda dengan apa yang kalian sukai. Misalkan kamu sekarang kuliah di bidang ekonomi tapi sukanya dengan desain grafis, nah itu ngga akan jadi masalah. Karena menjadi freelancer yang dinilai itu kemampuan kamu skill kamu bukan ijazah kamu. Sebagai contoh begini, klien punya uang dia butuh orang yang bisa ngerjain kebutuhan dia dan kalo kamu bisa ya udah selesai ngga akan ditanya tentang pendidikan kamu apa, nah begitu.

3. Bidang yang di kuasai atau sukai

Langkah selanjutnya, kamu harus memilih mau berkarir sebagai freelancer di bidang apa? Nah ini banyak sekali yang keliru karena freelancer selalu dikaitkan dengan desain grafis. Jadi banyak yang beranggapan untuk menjadi freelancer itu harus bisa desain. Padahal tidak hanya itu saja karena freelancer banyak sekali bidangnya seperti freelancer di bidang pemrograman website, video editing, ada juga di bidang penulisan dan bahkan ada yang di bidang data entri itu tugasnya hanya memasukan data saja.

Jadi tidak hanya desain banyak sekali bidangnya kan? Nah, tugas kamu di awal harus menentukan bidang yang kamu suka dan kuasai. Pilihlah bidang yang kamu sukai dan yang kamu enjoy untuk melakukannya. Kalau kamu belum tau bidang apa yang kamu kuasai, kamu bisa untuk mempelajari semua bidang lalu kamu rasakan dan pilih bidang mana yang cocok untuk dikerjaakan. Nah itulah bidang yang harus kamu pilih.

4. Terus berlatih di bidang yang dikuasi

Yang ke empat, kamu harus terus asah skill di bidang yang kamu kuasai. Ketika kamu sudah mengetahui bidang mana yang kamu kuasai, tugas kamu sekarang adalah melatih skill kamu supaya lebih maksimal. Kamu tidak perlu mahir di semua bidang tapi kamu cukup mahir disatu bidang saja yang kamu sukai.

Lalu bagaimana untuk mengasah skillnya? Ya mau ngga mau kamu harus mempelajari itu terus. Misalkan kamu mau menekuni bidang desain grafis, yasudah berarti tiap hari kamu bikin saja satu hari satu desain. Percaya deh, dengan kamu suka mengulanginya lama-lama kamu akan mahir dengan sendirinya di bidang yang kamu kuasai. Orang yang sudah mahir itu bukan orang yang paling pintar, tetapi orang yang mau berlatih terus menerus.

5. Buat portofolio

Nah, yang kelima kamu harus membuat portofolio. Portofolio itu apa si? Jadi begini, banyak yang beranggapan portofolio itu contoh pekerjaan. Nah, yang jadi masalah, kalau kamu belum dapat pekerjaan? apanya yang mau dijadiin portofolio? Begitu kan?

Tips nya begini, kalian buat saja personal project misalkan kalau kalian suka dengan desain, kalian buat saja desain-desain sendiri, misalkan buat ilustrasi buat desain logo atau mungkin desain maskot atau bidang yang lain kaya pemrograman website itu kalian juga bisa buat personal project seperti website. Lalu yang bidangnya penulisan, kalian bisa buat artikel sendiri dan masih banyak lagi tentunya. Dan itu semua nantinya akan menjadi portofolio kalian. Jadi portofolio itu bukan hanya contoh hasil pekerjaan kalian tapi juga bisa dari hasil personal project kalian.

6. Menawarkan atau menjual jasa di bidang yang dikuasai

Selanjutnya yang terakhir, setelah kamu punya skill dan portofolio yang layak untuk dijual. Sekarang saatnya kamu belajar untuk menjual atau menawarkan jasa dibidang yang kamu kuasai.

Pada tahap ini kamu harus belajar untuk mendapatkan klien atau menjual skill kamu. Nah cara paling mudah untuk mendapatkan klien, ya kamu harus tau tempat dimana para klien ini berkumpul. Dan biasanya para klien ini ngumpulnya di situs-situs freelancer. Kenapa? Karena situs freelancer memang di desain untuk mempertemukan freelancer dengan para klien.

Situs-situs feelancer ada banyak seperti fiverr.com, upwork.com, freelancer.com dan masih banyak lagi. Tapi menurut Admin yang paling mudah dan yang sangat newbie friendly untuk sekarang ini yaitu fiverr.com. Tapi kalian juga bisa mencoba semua situs freelancer lainnya agar kalian tau perbedaannya. Sebenernya langkah ini kalian juga bisa balik untuk mempelajarinya di awal jadi tidak harus belajar untuk mendapatkan klien ini di tahap akhir.

Nah itulah beberapa panduan untuk menjadi freelancer yang bisa Admin berikan, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Panduan Mudah Menjadi Freelancer Untuk Memulai Bisnis"