Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tetap Produktif di Masa Pandemi? Cobalah 4 Bisnis Berikut Ini

Tetap Produktif di Masa Pandemi? Cobalah 4 Bisnis Berikut Ini
Ilustrasi gambar : pixabay.com

Tetap Produktif di Masa Pandemi?Cobalah 4 Bisnis Berikut Ini 


Immaku.com - Sudah 1 tahun lebih, masyarakat Indonesia atau bahkan dunia digemparkan dengan kehadiran virus Corona. Berbagai dampak nyatanya sudah dirasakan di hampir seluruh aspek kehidupan, tak terkecuali pekerjaan. Banyak orang kehilangan pekerjaan mereka, serta banyak juga yang tidak mendapat gaji secara penuh. 


Alhasil, di masa pandemi ini begitu banyak orang yang mencari pekerjaan baru. Banyak juga di antara mereka yang memulai untuk membuka bisnis kecil-kecilan. Namun sayangnya tidak semua orang bisa membuka bisnis ini, lantaran terkendala biaya. Sebenarnya ada begitu banyak ide bisnis yang tidak memerlukan modal atau hanya membutuhkan modal kecil saja. 


Apalagi bagi Anda yang sebelumnya sudah memiliki kemampuan atau keahlian tertentu, pastinya akan lebih mudah untuk membuka bisnis tersebut. Nah, saat ini tengah membutuhkan pekerjaan atau penghasilan tambahan, tidak ada salahnya mencoba untuk memulai bisnis di masa pandemi tanpa modal. Beberapa daftar bisnis yang bisa Anda coba di masa pandemi ini di antaranya adalah sebagai berikut.


Tetap Produktif di Masa Pandemi? Cobalah 4 Bisnis Berikut Ini


1. Membuka Jasa Desain Grafis


Bagi Anda yang mempunyai keahlian atau kemampuan tertentu di bidang desain grafis maupun Illustrator, tentu sangat tepat untuk memanfaatkan kesempatan ini. Anda bisa mencoba berbisnis di bidang jasa desain grafis untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Selain itu Anda pun bisa memaksimalkan keahlian dan juga ilmu yang telah Anda miliki tersebut.


Apalagi bisnis di masa pandemi tanpa modal yang satu ini tidak memerlukan modal besar, atau bahkan bisa dibilang tanpa modal. Anda hanya perlu memiliki komputer atau laptop yang digunakan untuk membuat desain. Misalnya saja membuat desain untuk konten di Instagram, bagi sesama pejuang di masa pandemi ini. 


2. Menjadi Seorang Dropshipper Toko Online


Istilah sebagai seorang dropshipper tentu sudah sering Anda dengar, terutama dalam bisnis toko online. Tanpa harus mengeluarkan modal, ternyata anda bisa membuka toko online sendiri dengan melakukan dropship. Yang dimaksud dengan dropship sendiri adalah menjualkan barang dari sebuah toko online melalui nama toko sendiri. 


Sistem jual beli di sini adalah konsumen membeli barang dari toko anda dan melakukan pembayaran. Selanjutnya anda akan kembali membeli toko distributor dan juga melakukan pembayaran. Produk dari toko distributor akan secara langsung mengirim pada konsumen dengan nama toko Anda. 


3. Bisnis Di Masa Pandemi Tanpa Modal sebagai Penulis Lepas


Bisnis selanjutnya adalah menjadi seorang penulis lepas yang bisa dibilang tanpa modal. Setidaknya Anda cukup memiliki perangkat komputer, laptop ataupun ponsel smartphone. Anda bisa mencoba untuk bergabung di komunitas penulis untuk mendapatkan informasi mengenai bisnis tersebut.


4. Cobalah Membuka Kursus ataupun Les Privat 


Terakhir, ada juga bisnis tanpa modal lain dengan membuka kursus maupun les privat. Sebenarnya untuk membuka kursus ini tidaklah sulit, asalkan anda memiliki kemampuan untuk mengajarkan ilmu pada murid. Anda bisa memulai les ini sesuai jenjang pendidikan yang sekiranya dikuasai, mulai dari TK, SD, SMP, SMA atau bahkan mahasiswa kuliah sekalipun.


Demikianlah tadi beberapa bisnis di masa pandemi agar tetap produktif yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan. Meski hasilnya tidak terlalu besar, tetapi anda bisa memulainya secara perlahan. Siapa tahu saja, bisnis ini justru bisa Anda jadikan pekerjaan utama dan membuat kondisi finansial di masa pandemi ini lebih stabil. Tidak ada salahnya untuk mencoba dibandingkan Anda berdiam diri tanpa pemasukan. 


Editor : Ryanaditya

Immaku Official
Immaku Official by Media Partner

Posting Komentar untuk "Tetap Produktif di Masa Pandemi? Cobalah 4 Bisnis Berikut Ini "